Profil

1.1 Latar Belakang

SMA Muhammadiyah 3 Jember adalah salah satu usaha milik Persyarikatan Muhammadiyah di bidang pendidikan, yang berfungsi sebagai sarana dakwah dan pengkaderan pada masyarakat. Perkembangan positif sebagai bentuk sumbangsih anak-anak berprestasi telah nampak selama kurang lebih 38 tahun SMA Muhammadiyah 3 Jember berdiri. Progress tersebut tidak lain adalah berkat semangat dan kerja keras yang tidak kenal lelah yang telah dilakukan oleh seluruh komponen sekolah terkait.

Sampai dengan 2019 ini, SMA Muhammadiyah 3 Jember telah memiliki gedung belajar yang representative dan dilengkapi sarana dan prasarana pendukung belajar yang memadai, antara lain 30 ruang belajar, 3 ruang laboratorium (biologi kimia, fisika), 4 ruang laboratorium komputer dan 1 ruang laboratorium bahasa. Selain itu, SMA Muhammadiyah 3 Jember menyediakan 1 ruang multimedia, gedung olahraga indoor, ruang perpustakaan, aula rapat dan mushola luas yang diperuntukkan siswa putra dan putri serta 1 studio musik.

Dalam menyongsong era yang serba kompetitif ini, SMA Muhammadiyah 3 Jember bertekad sekuat tenaga serta pikiran untuk mencetak kader bangsa yang unggul dan handal dalam rangka menyongsong persaingan global. Sebagai lembaga pendidikan bernuansa Islam dan berorientasi masa depan, SMA Muhammadiyah 3 Jember berupaya maksimal mengarahkan dan membimbing seluruh peserta didik agar menjadi generasi yang mampu berkompetisi secara positif dalam kehidupannya. Seluruh aktifitas pendidikan diarahkan agar para siswa mampu mengembangkan antara dimensi iman, ilmu dan amal sehingga tewujud kehidupan yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur.

1.2 Sejarah berdirinya SMA Muhammadiyah 3 Jember

Di awal berdiri, SMA Muhammadiyah 3 Jember memperoleh mandat dan restu dari K.H Zaenuri Syah pada tanggal 10 Mei 1980. Pada saat itu, SMA bertempat di asrama Masjid An-Nur yang berlokasi di JL. P.B. Sudiman Patrang Jember.

Kepala Sekolah pertama yang mendapat amanah memimpin SMA Muhammadiyah 3 Jember adalah Drs. Ichwan Supandi Aziz sampai dengan tahun 1987. Dengan perjuangan yang gigih serta kerja keras yang tak kenal lelah dibantu dengan dukungan masyarakat, selanjutnya tempat pembelajaran berpindah ke STIE Mandala di JL. Sumatera. Seiring dengan berkembangnya waktu, SMA Muhammadiyah 3 Jember memperoleh progess yang signifikan secara kualitas dan kuantitas. Hal tersebut dibuktikan diperolehnya status diakui dengan nomor SK: B.05.934, tepatnya pada tanggal 10 Pebruari 1989.

Berikutnya pada tahun 1992, status SMA Muhammadiyah 3 Jember meningkat menjadi disamakan dengan nomor SK: A.05.1527 (u) tertanggal 02 Januari 1992. Selanjutnya, tahun 2005, dalam rangka mematuhi program kebijakan Pemerintah, SMA Muhammadiyah 3 Jember melaksanakan Akreditasi dengan 3 program/jurusan sehingga berubah status menjadi “Terakreditasi A”, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Propinsi Jawa Timur Nomor: 05/BASOA-P/I/2005, 25 Januari 2005. Yang terakhir, dalam rangka menjaga konsistensi mutu sebagai lembaga pendidikan , SMA Muhammadiyah 3 Jember bekerja sama dengan SAI Global dan berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001-2015 sampai dengan sekarang.

1.3 Visi, Misi dan Motto

VISI SEKOLAH :

“Mewujudkan Insan Mulia, Kreatif, Kolaboratif, dan Berdaya Saing”

Indikator Visi

Insan Mulia :

Warga sekolah yang terus berproses menjadi pribadi yang berakhlak mulia serta memiliki keshalihan pribadi dan sosial sebagai wujud pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT

Kreatif :

Mendorong warga sekolah untuk berkarya dan melalui ide-ide kreatif dan produktif yang memberikan manfaat bagi diri pribadi, sekolah maupun masyarakat

Kolaboratif :

Kerjasama dengan sekolah dalam dan luar negeri serta memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta dalam menjalankan program sekolah untuk mencapai tujuan sekolah

Berdaya Saing :

Pembangunan karakter serta peningkatan kualitas akademik dan non akademik melalui program pembimbingan dan pelatihan yang mendorong peserta didik untuk berprestasi sesuai bakat dan minat yang dimilikinya

MISI SEKOLAH :

  1. Pembangunan karakter dan pengamalan nilai-nilai Islam dalam praktek muamalah yang terintegrasi melalui program intra dan ekstrakurikuler
  2. Pembekalan ilmu pengetahuan sekaligus praktek ibadah mahdlah secara baik dan benar sesuai tuntunan Al Quran dan Hadits
  3. Kolaborasi dengan Muhammadiyah, ortom dan lembaganya di berbagai level serta organisasi dan lembaga pemerintah maupun swasta lainnya.
  4. Sinergi dan Kolaborasi dengan lembaga pendidikan dalam dan luar negeri
  5. Mendorong program edupreneurship yang inovatif melalui program pemberdayaan ekosistem di dalam dan di sekitar lingkungan sekolah
  6. Peningkatan sarana dan prasarana sekolah serta pembangunan Sistim Informasi Manajemen Sekolah
  7. Program beasiswa bagi siswa miskin dan berprestasi melalui program Orangtua Asuh, beasiswa Lazismu, serta donatur lain yang tidak mengikat
  8. Program akselerasi belajar khusus persiapan Seleksi Bersama Masuk PTN dan PTS favorit serta sekolah kedinasan dan TNI/POLRI
  9. Penyempurnaan pengelolaan manajemen keuangan dan sumberdaya manusia Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)

TUJUAN SEKOLAH :

  1. Membangun kecerdasan sosial dan spiritual peserta didik agar mampu menjadi insan yang bermanfaat di masyarakat
  2. Memberikan pemahaman peserta didik tentang praktek ibadah mahdlah sesuai tuntunan Rasulullah SAW
  3. Mempererat ukhuwah bersama ortom dan lembaga Muhammadiyah serta memperkuat jejaring dengan lembaga pemerintah maupun swasta
  4. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan memperluas wawasan seluruh warga sekolah
  5. Membentuk jiwa kewirausahaan sekaligus membangun karakter sosial dan peduli lingkungan guna mendukung isu Climate Change
  6. Meningkatkan kesadaran kompetensi dan literasi warga sekolah serta menyempurnakan layanan sekolah melaui Sistim Informasi Manajemen
  7. Memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik berlatar belakang ekonomi  kurang mampu untuk memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas
  8. Masuk peringkat 1000 besar SMA terbaik se-Indonesia versi LTMPT guna memperbesar peluang diterima di PTN dan PTS favorit, sekolah kedinasan, serta TNI/POLRI
  9. Peningkatan jaminan layanan sekolah kepada peserta didik dan GTK agar mampu memberikan layanan prima kepada seluruh warga sekolah

PROGRAM UNGGULAN :

  1. Excellent Islamic Program:
  2. Kelas Tahfidz dengan target minimal 10 Juz dalam 3 tahun
  3. Tahfidz dan Tahsin Al Qur’an kelas regular dan kelas excellent dengan target perbaikan bacaan Qur’an dan hafal minimal juz 30
  4. Cahaya Dhuha
  5. DIMSUM (Da’i Muda Sahabat Surau dan Masjid)
  6. Al Ma’un for Society
  7. Daarul Arqam
  8. Al Lail
  9. Asrama Plus
  • Excellent Academic and Non Academic Program
  • Pembinaan OSN
  • Pembinaan Ekstrakurikuler, ortom, dan pelatihan intensif bakat dan potensi potensial peserta didik dan GTK
  • GO UTBK
  • TOEFL PREPARATION
  • PROPETIK (Program Pelatihan TIK)
  • Kantin Edukasi
  • Gobal Insight
  • Pelatihan intensif Bahasa Inggris bekerjasama dengan Kampung Inggris Pare
  • Pertukaran budaya antar bangsa
  • Climate Change Awareness

KEGIATAN UNGGULAN :

  1. Al Ma’un for Society : Program berbagi sesuatu yang berguna bagi lingkungan terdekat dan masyarakat sekitar, antara lain :
  2. Kampanye buang sampah pada tempatnya saat kegiatan Car Free Day di alun-alun Jember. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa secara bergiliran didampingi guru dan IPM ranting SMAM 3
  3. Siswa terpilih dan terlatih akan bersinergi dengan masjid maupun surau di dalam maupun pinggiran kota untuk membantu mengajar mengaji di TPQ
  4. Berkolaborasi dengan Lazismu dan MDMC dalam kegiatan sosial maupun kebencanaan
  5. Pemanfaatan sebagian infaq mingguan siswa untuk membantu teman satu sekolah yang tertimpa musibah dan kesulitan memenuhi kebutuhan dasar termasuk membayar uang sekolah
  6. Ecosystem Friendly : Program penghijauan,pemanfaatan lahan kosong, serta sungai di dekat sekolah untuk kepentingan pendidikan sekaligus memberikan tambahan penghasilan bagi sekolah, antara lain :
  7. Pembuatan vertical garden yang instagrammable di sekolah
  8. Pemanfaaatan lahan kosong untuk green house sebagai edukasi kewirausahaan bagi siswa.
  9. Pemanfaatan sungai sebagai laboratorium alam sekaligus menanamkan rasa cinta sungai
  10. Penggunaan panel surya sebagai energi alternatif ramah lingkungan
  • Entrepreneurship : Program yang memungkinkan siswa memperoleh ilmu dan pengalaman yang berguna sebagai modal berwirausaha, antara lain :
  • Revitalisasi kantin sekolah dengan menyediakan kantin yang bersih,artistik,indah, dan ramah lingkungan serta menyedialan menu yang sehat dan bebas plastik. Siswa tidak mampu mendapatkan prioritas untuk menjual makanan ringan asalkan sehat dan higienis
  • Siswa diberikan tugas untuk membantu memasarkan sekaligus menjual produk green house sekolah
  • Sekolah menyediakan pelatihan pembuatan desain packaging product bagi mereka yang tertarik melalui ekstrakurikuler desain grafis bersertifikat Prodistik ITS
  • Tahfidz, Tahsin, dan Tafsir Al Qur’an serta Ilmu Hadits : Program andalan ISMUBA ini akan menjamin siswa yang berdiam di asrama untuk dapat menguasai ilmu hadits, tahfidz,tahsin, dan tafsir Al Qur’an. Program ini dapat pula diikuti oleh peserta didik lain maupun guru yang ingin mendalami ilmu diatas. Sekolah akan menyediakan asatidz lulusan Fakultas Tarjih UMY. Diharapkan akan lahir da’i baru dari unsur siswa dan guru.
  • Sister School

Sister school sebagai salah satu bentuk ikhtiyar perluasan jaringan sekolah dengan sekolah unggulan di dalam maupun luar negeri demi percepatan pertumbuhan sekolah

  • UTBK

Sekolah melalui tim BK mempersiapkan tim sukses UTBK untuk mencapai target minimal 60% diterima di PTN