MC Tiga Bahasa Smamga Jember Tampil Memukau di Acara Ini

Ada yang tak biasa saat perhelatan Roadshow Milad Ke-6 PWMU.CO wilayah Jatim III yang berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Probolinggo, Ahad (6/3/2022)

Tim MC yang bertugas memandu acara adalah tiga anak muda. Mereka merupakan siswa SMA Muhammadiyah 3 Jember. Ketiganya tampil dengan menggunakan tiga bahasa: Arab, Jepang, dan Inggris.

Ketika acara roadshow ini awalnya akan dilaksanakan di Gedung Zainuri Universitas Muhammadiyah (UM) Jember, Penanggung Jawab (PJ) Jatim III Sugiran SP sudah merencanakan siapa saja yang menjadi pengisi acara.

Untuk memudahkan koordinasi, semua pengisi acara berasal dari Jember. Seperti MC dari siswa Smamga, pembacaan ayat suci al-Quran plus sari tilawah 3 bahasa dari MBS Tanggul, dan pidato Bahasa Arab oleh pemenang juara II ME-Awards 2022 dari Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari (PMMP).

Roadshow Dipindah, MC Tetap Smamga

Aral tak bisa ditolak, rencana tak bisa direalisasikan. UM Jember lockdown. Dengan pertimbangan berbagai hal, acara roadshow dialihkan ke Kota Probolinggo. Pengisi acarapun berubah. Hingga Humas Smamga Ida Wilsa menghubungi PJ area Jember Humaiyah, menanyakan kepastian Smamga menjadi MC Roadshow PWMU.CO.

Nampaknya Sugiran masih ragu-ragu. “Apakah tidak perlu menggunakan Bahasa Indonesia,” tanya PJ Jatim III ini.

“Tidak usah menggunakan Bahasa Indonesia. Bahasa Arab dan Jepang mungkin banyak yang tidak paham. Namun anggap saja peserta paham Bahasa Inggris semua,” jawab Humaiyah yang dibalas dengan emoticon tertawa oleh Sugiran.

Promosi Smamga Tiga Bahasa

Menurut guru pendamping tim MC Smamga Ucha Jaya Sucipta, mereka dilatih oleh pelatih podcast Smamga yaitu Kak Ihsan dari K Radio. Setiap berlatih durasinya selama dua jam.

“Alhamdulillah anak-anak bisa tampil tanpa ragu. Acara juga berlangsung dengan sukses. Ini juga media promosi sekolah kami Smamga Jember, terutama dengan kemampuan tiga bahasa,” ungkap Bu Ucha, panggilan akrabnya.

Sementara itu MC Bahasa Arab Jundi mengatakan menjadi MC di acara Roadshow PWMU.CO sangat bermanfaat. Bisa menambah pengalaman.

“Saat tampil awalnya memang agak sedikit nervous. Akan tetapi berbekal Bahasa Arab dari pesantren, alhamdulillah mampu menyelesaikan tugas dengan baik,” ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *